AKU DAN OPPO N1

Aku & OPPO N1

Selasa, 26 Maret 2013

MEMBANGUN HOME RECORDING

MEMBANGUN MUSIC HOME RECORDING YANG MURAH MERIAH
Belakangan ini, tiap kali hendak merekam sebuah lagu (demo) band saya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Itupun terkadang hanya hendak mengambil sample (data) mentah yang dilakukan di studio musik yang menggunakan fasilitas DIGITAL RECORDING, kemudian harus di titipkan lagi pada seorang sound engineer (yang kami percaya) untuk di EDITING dan di MIXING, baru setelah itu di MASTERING. Dan hasilnya, belum tentu sesuai dengan keinginan Band kami.

Bayangkan, biaya DIGITAL RECORDING saat ini minimal (rata-rata) berkisar antara Rp 250.000,- s/d Rp 350.000,-. Kemudian EDITING, MIXING dan MASTERING pada seorang sound engineer profesional bisa mencapai Rp 500.000,- tergantung dari negosiasi. Berarti minimal band kami harus menyiapkan Rp 750.000,- untuk merampungkan SEBUAH lagu (demo).

Nah, hal diatas lah yang memaksa kami mempelajari DAW (DIGITAL AUDIO WORKSTATION) untuk meminimalisir pengeluaran rutin band kami dalam hal memproduksi lagu. Berbekal informasi dan colongan-colongan ilmu terkait dengan hal diatas, maka kami mencoba membangun sendiri DIGITAL HOME RECORDING Studio di markas kami dengan dana yang tidak terlalu mahal, tapi kualitasnya cukup untuk membuat musik demo.

Berikut daftar hardware utama yang kami gunakan :

a. PC
1.Motherboard ASUS P5PE-VM
2.Processor INTEL CORE 2 DUO 2,8 Ghz
3.Sound card CREATIVE SOUNDBLASTER AUDIGY VALUE 7.1
4.Hardisk SATA 160 Gb
5.2 keping MEMORY masing-masing 2Gb
6.SAMSUNG DVD RW COMBO
CPU ini kisaran harganya sekitar 4,5 juta

b. SPEAKER and utility
1.Speaker SONY ex Sony Mini COMPO
2.Stereo FLAT POWER AMPLIFIER
3.EXTENSION CABLE dengan jack kecil ke besar
4.NOISE REDUCTION (bisa menggunakan digital multi effect ataupun box pedal effect)
*optional : PRE AMP atau DI/BOX

c. Software
1.Steinberg CUBASE 3 atau 4
2.Steinberg WAVELAB

d. VST Plugin
1.Waves Machine Labs DRUMAGOG
2.Image Line FRUITYLOOPS
3.WAVES audio plugin
4.Nomad Factory BLUESTUBES
5.MAGIC AUDIO CLEANING
6.IKMultimedia AMPLITUBE 2 & AMPEG
7.dll

Untuk PC, kami sengaja memilih motherboard ASUS dengan alasan value dan tahan lamanya (relatif sich...). Alasan lainnya adalah karena motherboard ini dapat di upgrade processor nya hingga 2,8 dan upgrade memory-nya mencapai 4Gb yang diperlukan untuk menampung kebutuhan plugin yang mungkin diperlukan pada saat mixing.

Creative soundblaster audigy value 24bit 7.1 merupakan sebuah gaming soundcard yang murah (value) namun mampu mendukung proses recording, dengan latency yang rendah dan 24 bit.

Kemudian speaker yang kami gunakan hanya stereo speaker bekas dari sebuah mini compo yang sudah sering kami gunakan (Compo-nya) untuk mendengarkan kaset / CD Audio favorit kami sehingga kami cukup mengenal karakter outputnya. Hanya saja kami tambahkan sebuah stereo power amplifier flat (Tanpa tone control dan preAmp), untuk mengangkat output signal dari soundcard.

Noise reduction kami gunakan untuk menjaga agar floor noise instrument kami tidak terlalu besar sehingga mengganggu proses editing.

Untuk recording softwarenya kami menggunakan Steinberg CUBASE 3 dan 4, karena apabila kami melakukan drum recording di studio lain (misalnya menggunakan Cubase 3) maka kami masih bisa mengedit sample mentah dari studio tersebut.

Nah, dengan modal awal kami sekitar Rp 4,6 juta, maka kini band kami dapat menekan biaya produksi lagu demo dan memiliki sebuah HOME DAW. Dengan begitu selain hemat, kami dapat bereksperimen dengan sebebas-bebasnya.

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://moonashaq.blogspot.com/2009/06/membangun-music-home-recording-yang.html

4 komentar:

  1. kalo ane malah nekat2an bro.dana ga ada,modal fruity loops sm adobe audition doang.hasilnya bs ddngr di blog ane.yg pnting mari terus berkarya! :)

    BalasHapus
  2. ada usulan soundcard yg bagus ga gan tapi yg murah meriah?

    BalasHapus
  3. Hmmm...banyak pilihan kok...tergantung budgetnya berapa terus fitur yg seperti apa yang diinginkan.

    BalasHapus
  4. Salam hormat bro
    Pelajaran mixing awal sy mulai dgn soundblaster live sb brapa lupa sy, yp hasil ny bagi yg mndengar mngira itu rekording di studio besar haahaha....kunci ny adalah jam terbanc telinga aja sih

    BalasHapus