AKU DAN OPPO N1

Aku & OPPO N1

Rabu, 27 Maret 2013

MEREKAM LAGU CIPTAAN SENDIRI

Merekam Lagu Ciptaan Di Rumah Sendiri Dengan Teknologi Komputer





Komputer modern tidak lagi hanya sebagai alat hitung, sepeti yang semula hanya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Contoh berikut ini adalah manfaat komputer dalam bidang industri musik.
 
Artikel ini hanyalah tahap dasar dari dunia digital  recording. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan sesama newbie di bidang ini. Yang mungkin saja diantara anda ada yang kesulitan dalam melakukan proses digital recording.
Seperti sudah kita ketahui, bahwa dalam proses rekaman digital diperlukan sebuah hardware yang akan merubah sinyal dari sumber suara yang akan direkam (analog) menjadi sinyal digital, kemudian setelah diproses diubah kembali dari digital ke analog. Lebih dikenal dengan istilah kerennya Converter AD/DA. hardware lainnya adalah kabel yang akan menghubungkan sumber suara dengan komputer yang akan kita gunakan untuk merekam. Disarankan menggunakan kabel branded yang low noise, karena hal ini akan mempengaruhi baik buruknya hasil rekaman nantinya.
Oke,,  biar ga  kepanjangan artikelnya dan anda ga bingung, kita langsung saja praktekan  pengalaman yang sudah saya dapatkan dalam  hal digital recording.

Hardware dan software yang saya gunakan adalah sebagai berikut :

  1. Soundcard Creative Sound Blaster Audigy Value 7.1 sebagai konverter AD/DA
  2. Kabel instrumen merk Planet Waves
  3. Gitar Electric merk Prince dengan pick up bawaannya
  4. Bass Electric merk Prince dengan pick up bawaannya
  5. Software FL Studio 9 digunakan sebagai drum virtual.
  6. Software Steinberg Nuendo 3 sebagai DAW.
  7. IK Multimedia Amplitube 3 sebagai processor effek virtual.
  8. Driver Asio4all v2.10, digunakan untuk membantu mengatasi masalah latency atau delay pada saat rekaman. Asio4all dapat didownload di website reminya www.asio4all.com.
Pasanglah souncard pada port PCI di komputer anda lalu instal driver bawaannya dalam CD yang disertakan. Kemudian instal Nuendo, FL Studio, Amplitube, dan driver Asio4all pada komputer anda. Setelah selesai, buka volume control sound blaster audigy anda :
Pastikan bahwa Line In sebagai source yang akan digunakan untuk merekam instrumen musik, dan bila ingin merekam track vocal maka gunakan Microphone. Hal ini dikarenakan akan timbul noise yang cukup bising jika menggunakan Microphone sebagai source untuk merekam instrumen musik, apalagi jika sudah menggunakan distorsi dari Amplitube 3.
Setelah selesai pengaturan di atas, sekarang buka program Nuendo 3 pilih Devices kemudian Devices Setup.
 
Pada VST Audiobay, pilih ASIO4ALL v2. Kemudian pada ASIO4ALL v2 klik control panel untuk menentukan buffer size dan sample rates.
Geser Buffer Size menjadi 256 samples

Setelah itu klik exit pada Asio4All dan klik OK pada Device Setup. Buka VST Connections dengan menekan tombol F4. Ini untuk mengatur setting input dan output dari souncard anda, karena tanpa setting yang benar, bisa saja anda tidak dapat merekam data audio.
Di bagian input, kita bisa menentukan input souncard mana yang aktif. Secara default telah tersedia input stereo dari soundcard anda. Kita dapat menambahkan input bus baru dengan mengklik tombol add bus. Kita dapat menyimpannya sebagai preset yang dapat diloading apabila setting ini berubah.
Demikian setting pada nuendo, selanjutnya kita tinggal membuka FL Studio 9 untuk membuat/merekam drum secara virtual. Pilih options kemudian audio setting seperti gambar dibawah ini.
Pilih driver Asio4all, biarkan buffer size pada posisi defaultnya yaitu 512 samples. Setelah itu keluar dari jendela setting dan mulailah berkreasi mengaransmen drum di FL Studio 9. Disini saya anggap anda sudah mengerti tentang cara pembuatan/perekaman instrumen drum virtual di FL Studio. Setelah selesai membuat instrumen drum, lalu eksport hasil kreasi anda ke dalam bentuk wave (.wav) dengan menekan tombol Ctrl+R untuk nantinya di import ke dalam nuendo.

Selanjutnya buka kembali nuendo 3 pada komputer anda, pilih File > New Project > OK atau tekan tombol Ctrl+N > OK. Tentukan folder untuk menyimpan hasil rekaman kita kemudian klik OK. Pilih menu Project > Add track > Audio kemudian tampil jendela seperti berikut :
Kemudian klik OK dan hasilnya seperti berikut :
Import data drum yang tadi dibuat di FL Studio dengan cara klik File > Import > Audio File, cari file nya dan klik OK. Kemudian tambah lagi track untuk merekam bass dengan cara Pilih menu Project > Add track > Audio. Sekarang track audio sudah bertambah menjadi dua dengan Audio 02. Aktifkan Record Enable dan Monitor pada Audio 02, Ambil gitar bass dan masukkan kabelnya ke Line In SB Audigy anda. Untuk menambah cool suara bass pilih Inserts > klik pada kolom 1 dan pilih Amplitube 3. Tentukan jenis Amplifier, efek, Head Cabinet dll.sesuai selera anda. Setelah suara yang diinginkan ketemu, mulailah merekam dengan mengaktifkan tombol Record. Untuk merekam gitar dan alat musik lainnya, lakukan langkah-langkah seperti tadi.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bagikan